Pages

Jumat, 04 Januari 2013

KRIPTOGRAFI

Jenis-Jenis Kriptografi
 A. Pengertian Kriptografi Simetris

                  Kriptografi simetris adalah suatu kode hill atau yang lebih biasa dikenal dengan hill chiper yatu merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci simetris. Hill cipher diciptakan oleh Lester S. Hill pada tahun 1929 .
kriptografi simetri adalah suatu  bentuk tulisan rahasia yang memperhatikan keseimbangan dan menggunakan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan , yang mana syarat-syarat tersebut akan dijadikan sebuah kata kunci yang hanya orang tertentu saja yang bisa membacanya. Teknik kriptografi ini diciptakan dengan maksud untuk dapat menciptakan cipher yang tidak dapat dipecahkan menggunakan teknik analisis frekuensi. Hill cipher merupakan penerapan aritmatika modulo pada kriptografi, teknik kriptografi ini menggunakan sebuah matriks persegi sebagai kunci berukuran m x m sebagai kunci untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dasar teori matriks yang digunakan dalam hill cipher antara lain perkalian antar matriks dan melakukan invers pada matriks.


B. Gambar Kriptografi Simetris

 Plainteks adalah suatu angka, huruf, kalimat, teks ataupun gambar informasi mentah ( masih seperti pada umumnya ) yang merupakan masukan bagi suatu algoritma enkripsi, plainteks juga biasa disebut teks terang. Sedangkan teks keluarannya disebut teks tersandi atau teks sandi ( Cipherteks ).

Enkripsi adalah proses pekerjaan mengubah dari teks terang (plainteks) menjadi  teks tersandi (cipherteks), sedangkan proses sebaliknya atau mengubah teks dari teks sandi menjadi terang, proses ini disebut juga  ( Dekripsi ).

-kriptografi Asimetri adalah suatu  bentuk tulisan rahasia yang tidak memperhatikan keseimbangan dalam
 menyusun kalimat tersebut dan tanpa memperhatikan syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam penyusunanya melainkan lebi9h pada kerahasiaan sampai pada orang yang di tuju.

-kriptografi asimetris adalah algoritma yang menggunakan kunci yang berbeda untuk proses enkripsi dan deskripsinya. Algoritma ini disebut algoritma kunci umum (public key algorithm) karena kunci untuk enkripsi dapat dibuat umum (public key) atau dapat diketahui setiap orang, tetapi kunci untuk deskripsi hanya diketahui oleh orang yang berwenang mengetahui data yang disandikan atau sering disebut kunci pribadi (private key> Proses enkripsi-deskripsi algorita simetris dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

-kriptografi Hibrid adalah suatu  penggabungan antara kriptografi simetris dan kriptografi asimetris bentuk tulisan rahasia yang memperhatikan keseimbangan dan menggunakan syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan dan  juga tetap pada kerahasiaan sampai ke si penerim.
Sumber :

    http://adeldarmawan.blogspot.com/2011/03/pengertian-kriptografi-simetris.html
    
    http://id.wikipedia.org/wiki/Teks_terang

0 komentar:

Posting Komentar